REFLEKSI HASIL PRESENTASI

Kelompok I: Autekologi dan Sinekologi

Pada diskusi kali ini kelompok 1 yang beranggotakan 4 orang yang terdiri dari Hendy Desniko, Reza Syaifullah, Luberti Indri, dan Nani Kusmiati telah menjelaskan materi diskusi dengan judul “Autekologi dan Sinekologi”. Adapun cakupan materi yang dijelaskan oleh kelompok 1 diantaranya.

A. Konsep Ekologi Tumbuhan

1. Konsep Ekologi

2. Konsep Ekologi Tumbuhan

3. Tujuan Mempelajari Ekologi Tumbuhan

B. Sejarah dan perkembangan Ekologi Tumbuhan

1. Sejarah Ekologi Tumbuhan

2. Perkembangan Ekologi Tumbuha

C. Pendekatan dalam Ekologi tumbuhan

1. Sinekologi (Ekologi komunitas)

2. Autekologi (Ekologi Spesies)

D. Manfaat dan aspek terapan ekologi tumbuhan

1. Manfaat dan aspek terapan di bidang pertanian

2. Penerapan ekologi dalam bidang kehutanan

3. Penerapan ekologi dalam bidang perkembangan wilayah perkotaan

4. Penerapan ekologi dalam bidang perairan

Secara garis besar, diskusi kelompok ini berjalan sangat seru dan aktraktif. Namun ada seorang pemateri yang kurang tepat dalam menyampaikan penjelasan materi yang ia bawakan. Mungkin pemateri tersebut nervous karena pada saat berjalannya diskusi kelompok 1, dosen dari mata kuliah ini merekam dan mengabadikan proses jalannya diskusi.

Banyak informasi yang saya dapatkan dari diskusi kelompok ini. Salah satunya yaitu pada saat ada salah satu dari audience yang bertanya mengenai bagaimana bentuk hutan kota, sedangkan seperti yang kita ketahui kota merupakan tempat yang sangat padat dengan penduduknya. Dari pertanyaan diatas, pemateri menjawab bahwa meskipun kota merupakan tempat yang padat dengan penduduknya bahkan mungkin saja tidak terdapat tempat lapang yang dapat digunakan sebagai lokasi hutan kota, namun hutan kota dapat dibentuk dengan cara penanamam tumbuh-tumbuhan disepanjang jalan raya. Jadi dapat disimpulkan, hutan kota tidak harus dalam bentuk hutan yang ada di tengah-tengah kota, tetapi hutan kota dapat direalisasikan dalam bentuk penghijauan yang ada di pinggir-pinggir jalan di sepanjang jalan kota. Karena penghijaunan merupakan suatu realisasi dari bentuk hutan kota.

 

Kelompok 2 : Tumbuhan dalam Lingkungan

Tema presentasi yang disampaikan kelompok 2 adalah “Tumbuhan dalam Lingkungan”. Kelompok ini terdiri dari temen-temen saya yang sangat cantik-cantik yaitu Susantika, Setya Novit, dan Tetty Ariyanti. Dari hasil presentasi kelompok ini saya mendapatkan beberapa informasi baru yang belum pernah saya dengar sebelumnya. Pada hakekatnya, lingkuangan terdiri dari factor biotik, factor abiotic dan segala factor pembatasnya. Satu informasi penting yang saya dapatkan dari kelompok ini yaitu bunyi merupakan factor abiotic. Saya sempat merasa terheran saat kelompok ini menjelaskan bahwa bunyi merupakan salah satu factor abiotic karena sebelumnya saya tidak pernah mendengar maupun membaca sebuah referensi yang menyebutkan bunyi sebagai factor abiotic.

Kemudian ada salah seorang penanya yang menanyakan “apakah bunyi dapat mempengaruhi proses pertumbuhan suatu tumbuhan?” kemudian kelompok ini menjawab bahwa sanya bunyi merupakan suatu factor abiotic yang dapat mempengaruhi proses pertumbuhan suatu tumbuhan.

Berdasarkan hasil jawaban dari kelompok 2 mengenai pertanyaan tersebut, saya masih belum begitu mengerti bagaimana cara bunyi dapat mempengaruhi pertumbuhan suatu tumbuhan. Dalam menjawab pertanyaan ini, kelompok ini jaga sedikit kebingungan dan tidak bisa menunjukkan bukti yang dapat memperkuat jawaban mereka. Kalau pematerinya saja bingun terus bagaimana dengan audiencenya. Saya juga ikut-ikutan bingun ni jadinya… hehehehe

Pengetahuan lain yang saya dapatkan pada diskusi ini yaitu mengenai pengertian anisa. Anisa atau relung merupakan cara hidup tumbuhan di dalam habitatnhya.

Secara garis besar, persentasi kelompok ini sudah cukup baik. Tetapi ada beberapa kata-kata yang salah dan cukup mengganggu pada PPT mereka. Seperti penulisan factor abiotic tetapi di PPT meraka di tulis factor biotik dan tidak sesuai dengan isinya. Yah………. Sekianlah refleksi saya terhadap kelompok ini. Tetap semangat aja buat kelompok 2.. ^^

 

Kelompok 3: PENGARUH CAHAYA DAN SUHU TERHADAP PROSES PERTUMBUHAN TANAMAN

Kelompok ini terdiri dari Eka Rahma, Prieska Novita, dan Veni Puspita. Tema yang dibawakan pada presentasi mereka adalah “ Pengaruh Cahaya dan Suhu Terhadap Proses Pertumbuhan Tanaman”. Penampilah presentasi kelompok ini sangat baik, pemateri sudah cukup menguasai materi yang dibawakannya. PPT dari kelompok ini juga bagus dan isinya sudah sangat jelas.

Dari hasil persentasi, saya mendapakkan informasi penting, bahwa sanya cahaya dan suhu merupakan factor abiotic yang sangat mempengaruhi tanaman. Lamanya penyinaran relatif antara siang dan malam dalam 24 jam akan mempengaruhi fungsi dari tumbuhan secara luas. Berdasarkan panjang hari, tumbuhan dapat dibedakan menjadi empat macam, yaitu:

  • Tumbuhan hari panjang
  • Tumbuhan hari pendek
  • Tumbuhan hari sedang
  • Tumbuhan hari netral

 

Kelompok 4: Atmosfer dan Air Sebagai Lingkungan Abiotik yang Mempengaruhi Ekologi Tumbuhan

Kelampok 4 terdiri dari Anik, Finda, Chantika, dan Ika. Tema yang dibahas oleh kelompok ini yaitu “Atmosfer dan Air Sebagai Lingkungan Abiotik yang Mempengaruhi Ekologi Tumbuhan”.

Dari hasil presntasi yang disampaikan oleh kelompok 4 saya dapat menyimpulkan lapisan atmosfer merupakan campuran dari gas-gas yang tidak tampak dan tidak berwarna,  dan gas-gas tersebut berupa  : oksigen, nitrogen, argon, karbondioksida meliputi hampir 100% dari udara kering. Pada lapisan atmosfer terbagi menjadi 5 : Troposfer, Stratosfer, Mesosfer, Termosfer, dan  Exsosfer.

Secara umum air digolongkan ke dalam 2 jenis yaitu :

  1. Air tanah ( ground water ) adalah air yang terdapat di bawah permukaan tanah dan tidak dapat dilihat secara langsung. Air tanah ditemukan pada lapisan akifer yaitu lapisan yang bersifat porous (mampu menahan air) dan permeable (mampu memindahkan air).
  2. Air permukaan (surface water), adalah air yang terdapat di atas permukaan bumi dan tidak terinfiltrasi ke dalam bumi.

Pada akhir diskusi, ada seorang audience yang bertanya apabila lapisan “atmosfer menipis apakah akibatnya bagi tumbuhan?”. Pemateri menjawab jika lapisan atmosfer menipis maka sinar ultra violet akan masuk ke bumi tanpa bisa disaring oleh lapisan ozon karena menipisnya lapisan atmosfer sehingga bisa menyebabkan kesulitan bagi tumbuhan untuk beradaptasi. Dalam diskusi ini saudari ika sempat mengalami salah pengucapan ketika menjawab pertanyaan sehingga sedikit menimbulkan masalah dalam menjawab pertanyaan ini.

Secara signifikan, presentasi dari kelompok 4 cukup baik. Pemateri membawakan materinya dengan lantang dan cukup menguasai isi materinya walaupun tidak semua. Video yang ditanyangkan juga sangat mengesaankan dan sesuai dengan materi yang dibawakan. Untuk kelompok 4…. Lumayan Good Job.

 

Kelompok 5: Tanah

Inilah dia presentasi yang saya tunggu-tunggu. Presentasi ini dilakukan pada tanggal 14 Desember 2011 di Labolatorium Biologi pada pukul 15.15 WIB. Pada presentasi ini, saya dan ketiga rekan saya Ilham Budi, Qurrhata A’yun, dan Susan Aminah membawakan materi di depan kelas dengan judul “Tanah”. Sebelum melakukan presentasi, kami terlebih dahulu belajar dan memahami materi yang kami bawakan di depan kelas. Pada saat presentasi, saya membawakan sub materi  Tanah dan bahan tanah, tanah sebagai medium, dan fisika tanah.

Pada saat sesi tanya jawab, ada audience Dimas Widya menayakan “apa perbedaan kandungan tanah pada setiap lapisan berbeda?” saya menjawab ya setiap lapisan tanah memiliki kandungan unsur yang berbeda-beda,  Pada lapisan atas banyak mengandung humus, artinya unsur-unsur organik banyak terdapat pada lapisan atas. Semakin kedalam suatu lapisan tanah, maka kandung unsur-unsurnya juga berbeda pula. Kemudian saudara hatta bertanya “Sampai kapan air dapat menembus tanah?”. Kemudian saya menjawab, air dapat menembus ke dalam tanah tergantung dari jenis tanah, struktur penyusun tanah, pori-pori tanah, dan kedap tidaknya suatu tanah. Kemudian saudara Hendy menambahkan bahwa ” air akan tetap menembus tanah sampai pada lapisan tanah tembus air dan berakhir diatas lapisan tanah kedap air”.

Yupz…. Hasilnya, presentasi kelompok kami berjalan sangat lancar dan banyak teman-teman yang menyukai presentasi kelompok kami meskipun pada saat presentasi ada salah satu rekan kami yang terlalu cepat dalam mempresentasikan materi yang dibawakannya, tetapi hal inilah yang membuat presentasi klompok kami beda dari kelompok lainnya. Semoga kelompok 5 adalah kelompok calon orang-orang sukses. Semangat terus dan Berjaya selalu…

 

Kelompok 6: Populasi

Kelompok 6 terdiri dari Fitri, Risa, Siti, dan Berlian. Tema yang dibawakan oleh kelompok ini yaitu tentang “Populasi”.

Penampilan presentasi kelompok ini kurang begitu baik. Satu hal yang perlu diperhatikan oleh pemateri kelompok ini yaitu sebaiknya sebelum presentasi pemateri harus sudah memahami materi yang akan dibawakannya. Sehingga pada saat presentasi didepan kelas pemateri tidak hanya terpaku dengan tulisan yang ada di PPTnya saja.

Pada saat sesi tanya jawab ada seorang pesertanya yang bertanya sebut saja namanya Dista. Dista bertanya “Factor apa yang menyebabkan terjadinya grafik membentuk huruf J dan huruf S?”. Pertanyaan dijawab oleh fitri “Pada grafik eksponensial dipengaruhi oleh kelahiran tumbuhan yang terus meningkat sampai adanya factor pembatas yang menyebabkan kematian tumbuhan. Sehingga grafik membentuk huruf J yang artinya pertumbuhan terus meningkat. Sedangkan grafik yang membentuk huruf S artinya pertumbuhan naik turun. Pada grafik sigmoid, terjadi pertumbuhan tumbuhan yang lambat yang dipengaruhi oleh lingkungan yaitu persaingan individu selain itu jika kondisi lingkungan mendukung maka terjadi petumbuhan lagi sampai bertemu lagi pada kondisi lingungan yang tidak mendukung dan terjadi kematian tumbuhan.

Sekian refleksi dari saya untuk kelompok 6. Semoga refleksi ini bermanfaat bagi kelompok 6 dan bagi byang membacanya. Jika ada salah kata yang tidak berkenan mohon di maafkan ya…

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: